Selamat datang di Artikel Anak Negeri, terima kasih atas kunjungannya

Bagaimana Dengan Kita?



Kisah Ali bin Ma’bad Rah.a.

                Ali bin Ma’bad rah.a. seorang muhaddits, berkata; 

“Aku pernah tinggal di sebuah rumah sewaan. Ketika sedang menulis, aku butuh mengeringkan tinta secepatnya, sedangkan dinding rumah terbuat dari tanah liat. Maka terlintas dalam pikiranku untuk mengeringkan tinta dengan mengambil sedikit tanah di tembok. Kemudian aku berfikir lagi, “Ini rumah sewaan (disewa untuk ditempati, bukan untuk diambil tanahnya).” Sejurus kemudian aku berfikir lagi, “Tetapi apa salahnya kuambil sedikit saja. Ini masalah sepele.” Akirnya aku mengikis sedikit dinding itu. Pada malam harinya, aku bermimpi. Dalam mimpiku kulihat seseorang berdiri dan berkata kepadaku, “Esok pada hari kiamat, kamu akan menyesali pikiranmu yang menggap tidak mengapa mengambil yang sedikit itu.”


Faedah
               

Ucapan, ‘Esok kamu akan mengetahui,’ merupakan derajat ketakwaan yang sangat tinggi. Kesempurnaan takwa adalah selalu berhati-hati walaupun pada umumnya benda yang remeh itu masih dibolehkan. (Ihya’).
 

                                                  Dari kitab karya Maualana Muhammad Zakariya al-Kandalawi Rah.a.

No comments:

Post a Comment